Basis Pengetahuan Kenceng Solusindo

Cara Install Ulang Sistem Operasi pada VPS

Pendahuluan VPS

Kenceng Solusindo menyediakan layanan Virtual Private Server yang berlokasi di Indonesia. Virtual Private Server atau yang sering disebut VPS atau Virtual Server merupakan komputer server yang cara kerjanya sama seperti komputer biasa. Perbedaannya, VPS memiliki spesifikasi hardware yang tinggi dan memiliki performa yang mumpuni.

Pada VPS, anda dapat memilih sistem operasi yang anda inginkan. Bisa diinstall sistem operasi Linux, Windows, FreeBSD, dan lain lain.  Ketika pertama kali kamu order maka akan mendapatkan server kosongan. Artinya, virtual server belum terinstall apapun. Anda dapat melakukan instalasi sistem operasi, cPanel, Webuzo, Webmin dan sebagainya sesuai keinginan. Untuk mengakses VPS, dapat melalui akses SSH atau melalui VNC.

Ketika adanya salah konfigurasi pada VPS yang berakibat fatal ataupun ingin memanajemen VPS ulang supaya hemat sumber daya ram, penggunaan cpu dari 0 lagi, salah satunya kamu bisa melakukan cara install ulang vps.

Cara Install Ulang Sistem Operasi pada VPS

Berikut dijelaskan Cara Install Ulang Sistem Operasi pada VPS :

  1. Login Member Area terlebih dahulu menggunakan email dan password member kamu
    di Member Area Kenceng Solusindo
  2. Setelah itu masuk ke dashboard member area Kenceng Solusindo, klik My Services atau Layanan Saya, atau klik langsung pada bagian Your Active Products jika layanan yang telah aktif telah terlihat di dashboard.
  3. Setelah itu masuk ke halaman Manage Product untuk mengelola vpsnya, klik OS Reinstall untuk memulai menginstall ulang sistem operasi vps kamu.
  4. Nanti ada pop-up seperti gambar berikut. Klik varian sistem operasi yang akan diinstall.
  5. Saat ini kita akan mencoba menginstall varian terbaru sistem operasi Ubuntu yaitu Ubuntu 18.04. Masukkan password root untuk vps kita nanti, klik tombol reinstall

Demikian penjelasan tutorial Cara Install Ulang Sistem Operasi pada VPS.